Tips layout Simple

Posted: Juli 8, 2011 in Desain Grafis, layout

Tidak selamanya sebuah project desain berjalan sebagaimana yang diinginkan desainer. Adakalanya, sebuah project harus melewati banyak tantangan yang tentu saja harus dihadapi desainer apapun kondisinya. Salah satu contoh : desainer harus mendesain/melayout brosur atau majalah atau apapun itu dengan konten yang sangat minim…

Seiring dengan semakin populernya desain-desain minimalis nan elegan belakangan ini, maka konten yang sedikit tentu saja bukan masalah besar untuk desainer. “Dibikin minimalis aja..” begitu kira-kira yang akan muncul dibenak kita ketika berhadapan dengan kondisi tersebut.

dibawah ini ada beberapa tips dan trik membuat sebuah layout minimalis nan elegan guna mengatasi permasalahan konten yang sedikit tersebut.. check this one..

Contoh kasus : ada job desain brosur neh..kontennya kira-kira seperti gambar dibawah.. (sangat minim)

desain secara umum : mencoba memenuhi setiap ruang dengan konten-konten yang ada.. (saatnya meninggalkan gaya desain yg semacam ini.. 😀 )

ALTERNATIF LAYOUT :
1)Crop Image/Gambar.

Disini saya mencoba memenuhi layar dengan gambar..dan konten teks dan judul diletakkan diatasnya. mainkan variasi blok untuk membuat kontras yang bagus pada teks, sehingga teks akan tetap kelihatan jelas meski ditempatkan diatas gambar.

2) Layout based on Theme
Maksudnya adalah membuat tema baru pada layout. Cukup menambahkan flat background dengan kontras yang cukup bagus, maka layout akan memiliki tema tersendiri yang secara otomatis menutup ruang kosong pada layout.

3) white Space
Buat penekanan yang elegan pada gambar dan teks dengan memberi white space (ruang kosong) yang lebih luas pada layout. White space juga berfungsi untuk memberi kesan nyaman pada pembaca.

4) Judul diatas Gambar
Meletakkan judul diatas gambar dan teks lain di bagian luar dapat memberi penekanan yang cukup menarik pada layout. Namun tetap hati-hati dengan kontras antara judul dan gambar. Usahakan agar tetap terbaca dengan jelas.

5) Bermain dengan Layout Teks
Bermain dengan layout teks adalah tips yang umum dan banyak digunakan oleh desainer dalam memberi sentuhan yang lain kepada pembaca.

6) Coba Hal-hal Ekstrim 😀

Tak perlu terlalu kaku dalam desain, meskipun yang didesain adalah sesuatu yang formal. Coba sedikit hal yang unik, tipografi, extreme layout, atau bahkan manipulasi foto sekalipun. Namun tetap memperhatikan sisi komunikasi dari pesan yang ingin disampaikan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s