makna warna dalam design

Posted: Juli 6, 2011 in Desain Grafis, image, Warna Desain
 

Postingan kali ini mengingatkan saya kepada atraksi sulapnya Romi Rafael. Terkadang, selain hipnotis, Romi sering memperagakan atraksi hipnotis dengan cara lain, yaitu dengan mempengaruhi pikiran alam bawah sadar korban melalui kata-kata tanpa sedikitpun membuat korbannya tertidur. Apakah anda percaya bahwa pengulangan kata-kata dapat mempengaruhi prilaku terhadap apa yang akan dilakukan seseorang nantinya?? yaa..kalau ditanyakan kepada saya, jawabannya ‘Ya!’ saya percaya!

Begitu juga halnya dengan pengaruh warna pada strategi marketing dan pemasaran. Para peneliti di luar negeri sana percaya, bahwa warna berperan cukup besar dalam mempengaruhi keputusan seseorang membeli sebuah produk. Pernahkah anda melihat bagaimana warna yang diberikan untuk desain kemasan makanan anak-anak yang terlihat meriah dengan paduan warna-warna cerah seperti kuning dan orange? atau..kenapa juga situs2 dewasa (17 +) sering didominasi dengan warna merah? (eits..saya liat iklannya, gak ngunjungi situsnya lho.. :D) atau lagi.. kenapa logo speedy juga didominasi warna merah? pernahkah bereksperimen mengganti warna logo speedy tersebut dengan warna lain? dan bagaimana kelihatannya??

Hmm..mustahil jika kenyataan2 di atas adalah suatu kebetulan. Ada sebuah konsep warna yang coba ditanamkan dalam produk-2 tersebut, Sebuah konsep warna yang menurut desainer grafis profesional sebagai psikologi warna. Bahwa berarti, setiap warna mewakili image gaya dan sifat tersendiri yang memberi kesan pada suatu produk, dan jika calon konsumen melihatnya..maka akan terpengaruh oleh kesan tersebut dan membelinya.

Berikut beberapa kesan, sifat dan emosi tertentu yang mampu dipancarkan dari suatu warna (dari berbagai sumber) :

Merah – kegembiraan, kekuatan, seks, gairah, kecepatan, bahaya.
Biru – kepercayaan, kehandalan, kekuasaan, kebersamaan, kesejukan.
Kuning – kehangatan, sinar matahari, kegembiraan, kebahagiaan
Orange – muda, kehangatan, bersemangat,
Hijau – alam, segar, dingin, pertumbuhan, perkembangan, melimpah, Natural
Ungu – kerajaan, spiritualitas, martabat, harga diri
Pink – lembut, manis, pemeliharaan, keamanan
Putih – murni, perawan, bersih, muda, ringan.
Black – kecanggihan, elegan, menggoda, misteri
Emas – prestise, mahal, Anggun
Perak – prestise, dingin, ilmiah

Memang tidak ada seorang pun yang menjamin bahwa seseorang akan membeli sebuah produk hanya karena melihat warna dari kemasan produk tersebut. Tapi setidaknya, warna mampu menampilkan kesan dari suatu emosi tertentu yang akan mempengaruhi calon konsumen untuk mengambil keputusan. So, buat para desainer grafis, sudah saatnya memperhatikan setiap warna yang anda berikan pada desain anda.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s