Tipe2 Image dalam Desain Grafis

Posted: Juni 10, 2011 in Desain Grafis, image, layout

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Ada 2 tipe image di dunia desain grafis :

1. bitmap : objek gambar di bentuk dari kumpulan titik kecil yg disebut pixel. contoh : foto digital dan image dengan format JPEG, PNG, dsb.

2. vector : objek gambar dibentuk dari gabungan titik dan garis yg memiliki algoritma matematika tertentu. contoh : font, shape, dan gambar2 dengan format ps,dsb.

Program Pengolahan Gambar bitmap : Adobe Photoshop, PaintShop Pro, corel photo paint, Ms. Paint, dll

Vector graphic: Adobe Flash, Illustrator.CorelDRAW, dll keunggulan : Keunggulan Grafis Vektor · ukuran file biasanya lebih kecil daripada gambar tipe bitmap. · bisa di resize lebih besar tanpa mengurangi kualitas (gambar tidak pecah,tidak ada noise dan blur) · Dapat dicetak pada resolusi tertinggi printer Anda Keunggulan Grafis Bitmap · bisa memciptakan image dengan warna yag lebih kompleks (ex: foto) · pengeditan perpiksel / per-area jauh lebih dimungkinkan colour management Ada aturan aturan dalam mewarnai yang disebut Law of Colouring warna dasar warna dasar adalah warna2 utama yang tidak dapat diciptakan dari waena2 lain. penggabungan warna-warna ini menghasilkan warna2 sekunder tertier dan warna2 lain.

warna dasar dibagi menjadi 3 yaitu

1. warna dasar alam : RYB (red, yellow, blue) / merah, kuning biru warna2 dasar ini berlaku di alam… misalnya kita corat-coret pake crayon warna… goreskanlah wrena merah, lalu tumpuki dengan warna biru… pasti akan menghasilkan warna ungu….

2. warna dasar digital : RGB (red, green, blue) / merah, hijau, biru ini adalah warna2 dasar yang dipake untuk merepresentasikan citra di dunia digital (misal: monitor, HP, MP4,dll), jadi monitor kita bisa menampilkan beraneka ragam warna sebenarnya dibentuk dari warna yg disusun oleh tiga komponen warna utama ini…. biasanya sisem warna digital ini memiliki 256 tingkat saturasi… (0-255)

3. warna dasar cetak : CMYK (cyan, magenta, yellow, black) / biru muda, ungu, kuning, dan hitam ini adalah warena dasar yang dipakai pada dunia percetakan…. contoh gampangnya adalah printer yg kita miliki masing2… kalau kita mengi ulang… pasti disana ada 4 macam ink tank…. nah.. tiap ink tank tersebut mewakili warna-warna ini (biasanya ink tank warna hitam disendirikan karena kebutuhan warna hitam lebih biasanya banyak)… dari 4 warna tersebut… printer bisa menghasilkan berbagai warna….

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s